Jumat, 21 Maret 2014

KABUPATEN DEMAK

Masjid Agung Demak, Sebagai cirikhas kultur Demak

Kabupaten Demak , adalah salah satu   kabupaten  di  Propinsi Jawa Tengah . Ibukotanya adalah Demak . Kabupaten ini berbatasan dengan  Laut Jawa  di barat,   Kabupaten Jepara  di utara,  Kabupten Kudus  di timur,  Kabupaten Grobogan  di tenggara, serta  Kota Semarang  dan  Kabupaten Semarang  di sebelah barat. Kabupaten Demak memiliki luas 897,43 km ² dan berpenduduk 1.055.579 jiwa (2010). 


Peta Kabupaten Demak

Kata Demak itu adalah berasal dari kata  bahasa Arab , yaitu Dhima 'yang artinya  Rawa . Hal ini mengingat tanah di Demak adalah tanah bekas rawa  alias  tanah lumpur. Bahkan sampai sekarang jika  musim hujan  di daerah Demak sering digenangi  air , dan pada  musim kemarau  tanahnya banyak yang retak, karena bekas rawa alias  tanah lumpur . Karena tanah Demak adalah tanah labil, maka jalan raya yang dibangun gampang rusak, oleh karena itu jalan raya di Demak menggunakan  beton .

Kabupaten Demak adalah salah satu Kabupaten di  Jawa Tengah  yang terletak pada 6 º 43'26 "- 7 º 09'43" LS dan 110 º 48'47 "BT dan terletak sekitar 25 km di sebelah timur Kota Semarang. Demak dilalui  jalan negara  (pantura) yang menghubungkan  Jakarta - Semarang - Surabaya - Banyuwangi .
Kabupaten Demak memiliki luas wilayah seluas ± 1.149,07 KM ², yang terdiri dari daratan seluas ± 897,43 KM ², dan lautan seluas ± 252,34 KM ². Sedangkan kondisi tekstur tanahnya, wilayah Kabupaten Demak terdiri atas tekstur tanah halus (liat) dan tekstur tanah sedang (lempung). Dilihat dari sudut kemiringan tanah,  rata -rata datar. Dengan ketinggian permukaan tanah dari permukaan air laut (sudut elevasi) wilayah kabupaten Demak terletak mulai dari 0 M sampai dengan 100 M.
Beberapa sungai yang mengalir di Demak antara lain:  Kali Tuntang, Kali Buyaran , dan yang terbesar adalah  Kali Serang  yang membatasi kabupaten Demak dengan Jepara.
Kabupaten Demak memiliki  pantai  sepanjang 34,1 Km, terbentang di 13 desa yaitu desa Sriwulan, Bedono, Timbulsloko dan Surodadi (Kecamatan Sayung), kemudian Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Desa Morodemak, Purworejo dan Desa Betahwalang (Kecamatan Bonang) selanjutnya Desa Wedung, Berahankulon , Berahanwetan, Wedung dan babalan (Kecamatan Wedung). Sepanjang pantai Demak ditumbuhi vegetasi mangrove seluas sekitar 476 Ha
Tanggal 28 Maret 1503 ditetapkan sebagai hari jadi kabupaten Demak. Hal ini merujuk pada peristiwa penobatan  Raden Patah  menjadi Sultan  Bintoro  yang jatuh pada tanggal 12  Rabiulawal  atau 12  Mulud  Tahun 1425  Saka  (dikonversikan menjadi 28 Maret 1503).
Kabupaten Demak terdiri atas 14  kecamatan  yaitu kecamatan Demak, Wonosalam, Karang Tengah, Bonang, Wedung, Mijen, Karang Anyar, Gajah, Dempet, Guntur,  Sayung  , Mranggen, Karang Awen dan Kebon Agung, yang dibagi lagi atas sejumlah 249 desa dan kelurahan terdiri dari 243 desa dan 6 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan  Demak .

Wisata Sejarah
·          Masjid Agung Demak, di Bintoro
·          Bekas Stasiun Demak, di Bintoro

Wisata Religi
·          Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu
Komplek Makam Sunan Kalijaga, diKadilangu

·          .

Makam Raden Patah bersama keluargaaKerajaan berada disekitar Komplek Masjid Demak



Sumber : Wikipedia   ( http://id.wikipedia.org/ )