Sabtu, 07 Desember 2013

KITAB JONGKO JOYO BOYO - KITAB MUSARAR

Ramalan Joyo Boyo dalam bentuk syair lagu Dandanggula.
  1. Langkung arja jamane narpati, Nora nana pan ingkang nanggulang, Wong desa iku wadale, Kang duwe pajeg sewu, Pan sinuda dening Narpati, Mung metu satus dinar, Mangkana winuwus, Jamanira pan pinetang, Apan sewu wolungatus anenggih, Ratune nuli sirna.
  2. Ilang tekan kadhatone sami, Nuli rusak iya nungsa Jawa, Nora karuwan tatane, Pra nayaka sadarum, Miwah manca negara sami, Pada sowang-sowangan, Mangkana winuwus, Mangka Allahu Tangala, Anjenengken Sang Ratu Asmarakingkin, Bagus maksih taruna.
  3. Iku mulih jenenge Narpati, Wadya punggawa sujud sadaya, Tur padha rena prentahe, Kadhatone winuwus, Ing Kediri ingkang satunggil, Kang siji tanah Ngarab, Karta jamanipun, Duk semana pan pinetang, Apan sewu lwih sangang atus anenggih, Negaranira rengka.
  4. Wus ndilalah kersaning Hyang Widhi, Ratu Peranggi anulya prapta, Wadya tambuh wilangane, Prawirane kalangkung, Para ratu kalah ngajurit, Tan ana kang nanggulang, Tanah Jawa gempur, Wus jumeneng tanah Jawa, Ratu Prenggi ber budi kras anglangkungi, Tetep neng tanah Jawa.
  5. Enengena Sang Nateng Parenggi, Prabu ing Rum ingkang ginupita, Lagya siniwi wadyane, Kya patih munggweng ngayun, Angandika Sri Narapati, “Heh patih ingsun myarsa, Tanah Jawa iku, Ing mangke ratune sirna, lya perang klawan Ratu Parenggi, Tan ana kang nanggulang.
  6. Iku patih mengkata tumuli, Anggawaa ta sabalanira, Poma tundungen den age, Yen nora lunga iku, Nora ingsun lilani mulih”, Ki Patih sigra budal, Saha balanipun, Ya ta prapta Tanah Jawa, Raja Prenggi tinundhung dening ki Patih, Sirna sabalanira.
  7. Nuli rena manahe wong cilik, Nora ana kang budi sangsaya, Sarwa murah tetukone, Tulus ingkang tinandur, Jamanira den jujuluki, Gandrung-gandrung neng marga, Andulu wong gelung, Kekendon lukar kawratan, Keris parung dolen tukokena nuli, Campur bawur mring pasar.
  8. Sampun tutug kalih ewu warsi, Sunya ngegana tanpa tumingal, Ya meh tekan dalajate, Yen Kiamat puniku, Ja majuja tabatulihi, Anuli larang udan, Angin topan rawuh, Tumangkeb sabumi alam, Saking kidul wetan ingkang andatengi, Ambedol ponang arga.

Jumat, 06 Desember 2013

KITAB JOYO BOYO - KITAB MUSARAR (SINOM)

Ramalan Joyo Boyo dalam bentuk Langgam Jawa Sinom.
1.   Pan iku uwis winejang, Mring guru Pandita Ngali, Rasane kitab Musarar, lya padha lawan mami, Nanging anggelak janji, Cupet lelakoning ratu, lya ing tanah Jawa, Ingsun pan wus den wangeni, Kari loro kaping telune ta ingwang.
2.   Yen wis anitis ping tiga, Nuli ana jaman maning, Liyane panggaweningwang, Apan uwus den wangeni, Mring pandita ing nguni, Tan kena gingsir ing besuk, Apan talinambangan, Dene Maolana Ngali, Jaman catur semune segara asat.
3.   Mapan iku ing Jenggala, Lawan iya ing Kediri, Ing Singasari Ngurawan, Patang ratu iku maksih, Bubuhan ingsun kaki, Mapan ta durung kaliru, Negarane raharja, Rahayu kang bumi-bumi, Pan wus wenang anggempur kang dora cara.
4.   Ing nalika satus warsa, Rusake negara kaki, Kang ratu patang negara, Nuli salin alam malih, Ingsun nora nduweni, Nora kena milu-milu, Pan ingsun wus pinisah, Lan sedulur bapa kaki, Wus ginaib prenahe panggonan ingwang.
5.   Ana sajroning kekarah, Ing tekene guru mami, Kang naina raja Pandita, Sultan Maolana Ngali, Samsujen iku kaki, Kawruhana ta ing mbesuk, Saturun turunira, Nuli ana jaman maning, Anderpati arane Kalawisesa.
6.   Apan sita linambangan, Sumilir kang naga kentir, Semune liman pepeka, Pejajaran kang negari, Hang tingkahing becik, Nagara kramane suwung, Miwah yudanegara, Nora ana anglabeti, Tanpa adil satus taun nuli sirna.
7.   Awit perang padha kadang, Dene pametune bumi, Wong cilik pajeke emas, Sawab ingsun den suguhi, Marang si Ajar dhingin, Kunir sarimpang ta ingsun, Nuli asalin jaman, Majapahit kang nagari, lya iku Sang-a Prabu Brawijaya.
8.   Jejuluke Sri Narendra, Peparab Sang Rajapati, Dewanata alam ira, Ingaranan Anderpati, Samana apan nenggih, Lamine sedasa windu, Pametuning nagara, Wedale arupa picis, Sawab ingsun den suguhi mring si Ajar.
9.   Juwadah satakir iya, Sima galak semu nenggih, Curiga kethul kang lambang, Sirna salin jaman maning, Tanah Gelagahwangi, Pan ing Demak kithanipun, Kono ana agama, Tetep ingkang amurwani, Ajejuluk Diyati Kalawisaya.
10. Swidak gangsal taun sirna, Pan jumeneng Ratu adil, Para wali lan pandhita, Sadaya pan samya asih, Pametune wong cilik, Ingkang katur marang Ratu, Rupa picis lan uwang, Sawab ingsun den suguhi, Kembang mlathi mring ki Ajar gunung Padang.
11. Kaselak kampuhe bedhah, Kekesahan durung kongsi, Iku lambange dyan sirna, Nuli ana jaman maning, Kalajangga kang nami, Tanah Pajang kuthanipun, Kukume telad Demak, Tan tumurun marang siwi, Tigangdasa enem taun nuli sirna.
12. Semune lambang Cangkrama, Putung ingkang watang nenggih, Wong ndesa pajege sandhang, Picis ingsun den suguhi, lya kajar sauwit, Marang si Ajar karuhun, Nuli asalin jaman, Ing Mataram kang nagari, Kalasakti Prabu Anyakrakusumo.
13. Kinalulutan ing bala, Kuwat prang ratune sugih, Keringan ing nungsa Jawa, Tur iku dadi gegenti, Ajar lan para wali, Ngulama lan para nujum, Miwah para pandhita, Kagelung dadi sawiji, Ratu dibya ambeg adil paramarta.
14. Sudibya apari krama, Alus sabaranging budi, Wong cilik wadale reyal, Sawab ingsun den suguhi, Arupa bawang putih, Mring ki Ajar iku mau, Jejuluke negara, Ratune ingkang miwiti, Surakalpa semune lintang sinipat.
15. Nuli kembang sempol tanpa, Modin sreban lambang nenggih, Panjenengan kaping papat, Ratune ingkang mekasi, Apan dipun lambangi, Kalpa sru kanaka putung, Satus taun pan sirna, Wit mungsuh sekuthu sami, Nuti ana nakoda dhateng merdagang.
16. Iya aneng tanah Jawa, Angempek tanah sethithik, Lawas-lawas tumut aprang, Unggul sasolahe nenggih, Kedhep neng tanah Jawi, Wus ngalih jamanireku, Maksih turun Mataram, Jejuluke kang negari, Nyakrawati kadhatone tanah Pajang.
17. Ratu abala bacingah, Keringan ing nuswa Jawi, Kang miwiti dadi raja, Jejuluke Layon Keli, Semu satriya brangti, Iya nuli salin ratu, Jejuluke sang nata, Semune kenya musoni, Nora lawas nuli salin panjenengan.
18. Dene jejuluke nata, Lung gadung rara nglingkasi, Nuli salin gajah meta, Semune tengu lelaki, Sewidak warsa nuli, Ana dhawuhing bebendu, Kelem negaranira, Kuwur tataning negari, Duk semana pametune wong ing ndesa.
19. Dhuwit anggris lawan uwang, Sawab ingsun den suguhi, Rupa getih mung sapitrah, Nuli retu kang nagari, Ilang barkating bumi, Tatane Parentah rusuh, Wong cilik kesrakatan, Tumpa-tumpa kang bilahi, Wus pinesthi nagri tan kena tinambak.
20. Bojode ingkang negara, Narendra pisah lan abdi, Prabupati sowang-sowang, Samana ngalih nagari, Jaman Kutila genti, Kara murka ratunipun, Semana linambangan, Dene Maolana Ngali, Panji loro semune Pajang Mataram.
21. Nakoda melu wasesa, Kaduk bandha sugih wani, Sarjana sirep sadaya, Wong cilik kawelas asih, Mah omah bosah-basih, Katarajang marga agung, Panji loro dyan sirna, Nuli Rara ngangsu sami, Randha loro nututi pijer tetukar.
22. Tan kober paes sarira, Sinjang kemben tan tinolih, Lajengipun sinung lambang, Dene Maolana Ngali, Samsujen Sang-a Yogi, Tekane Sang Kala Bendu, Ing Semarang Tembayat, Poma den samya ngawruhi, Sasmitane lambang kang kocap punika.
23. Dene pajege wong ndesa, Akeh warninira sami, Lawan pajeg mundak-mundak, Yen panen datan maregi, Wuwuh suda ing bumi, Wong dursila saya ndarung, Akeh dadi durjana, Wong gedhe atine jail, Mundhak tahun mundhak bilaining praja.
24. Kukum lan yuda nagara, Pan nora na kang nglabeti, Salin-salin kang parentah, Aretu patraping adil, Kang bener-bener kontit, Kang bandhol-bandhol pan tulus, Kang lurus-lurus rampas, Setan mindha wahyu sami, Akeh lali mring Gusti miwah wong tuwa.
25. Ilang kawiranganingdyah, Sawab ingsun den suguhi, Mring ki Ajar Gunung Padang, Arupa endang sawiji, Samana den etangi, Jaman sewu pitung atus, Pitung puluh pan iya, Wiwit prang tan na ngaberi, Nuli ana lamate negara rengka.
26. Akeh ingkang gara-gara, Udan salah mangsa prapti, Akeh lindhu lan grahana, Dalajate salin-salirt, Pepati tanpa aji, Anutug ing jaman sewu, Wolung atus ta iya, Tanah Jawa pothar pathir, Ratu Kara Murka Kuthila pan sirna.
27. Dene besuk nuli ana, Tekane kang Tunjung putih, Semune Pudhak kasungsang, Bumi Mekah dennya lair, Iku kang angratoni, Jagad kabeh ingkang mengku, Juluk Ratu Amisan, Sirep musibating bumi, Wong nakoda milu manjing ing samuwan,
28. Prabu tusing waliyulah, Kadhatone pan kekalih, Ing Mekah ingkang satunggal, Tanah Jawi kang sawiji, Prenahe iku kaki, Perak lan gunung Perahu, Sakulone tempuran, Balane samya jrih asih, Iya iku ratu rinenggeng sajagad.
29. Kono ana pangapura, Ajeg kukum lawan adil, Wong jilik pajege dinar, Sawab ingsun den suguhi, Iya kembang saruni, Mring ki Ajar iku mau, Ing nalika semana, Mulya jenenging narpati, Tur abagus eseme lir madu puspa.


Kamis, 05 Desember 2013

AKibat Amarah Yang Tidak Terkendali

Sebuah cerita menarik tentang sifat amarah manusia yang tidak terkendali. banyak hal yang bisa dipetik dari sekelumit cerita ini, akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mempunyai sifat selalu mengumbar amarah kepada siapa saja.
Dahulu ada seorang gadis kecil yang berwatak sangat buruk. ia memiliki kebiasaan marah-marah tanpa jelas apa sebabnya. tetepi disamping kebiasaan buruknya itu ia sangat patuh terhadap ibunya, sampai suatu saat ibu gadis itu memberinya sekantung paku dan memerintahkannya untuk menancapkan paku itu pada bagian belakang pagar rumahnya setiap kali ia marah. Pada hari pertama, gadis kecil itu menancapkan 37 paku ke pagar. namun,
beberapa minggu berikutnya "karena ia mulai bisa mengendalikan diri" jumlah paku yang ia tacapkan ke pagarsemakin berkurang. ia juga menyarari bahwa lebih mudah menahan amarah daripada menancapkan paku ke pagar.

Akhirnya, tibalah saat di mana gadis itu bisa menguasai dirinya dan tidak marah lagi. lalu ia meceritakan hal ini kepada ibunya. ibunya
menyarankan agar sekarang ia mencabut paku dari pagar setiap kali ia bisa menguasai amarahnya. setelah lewat beberapa hari, gadis itu melapor kepada ibunya, bahwa paku-paku yang tertancap di pagar telah tercabut semua. sang ibu kemudian menggandeng tangan anaknya ke pagar lalu berkata, "kau sekarang telah
berperilak baik, nak, tapi lihat lubang-lubang di pagar itu. pagar itu tidak akan pernah sama seperti dahulu. sewaktu marh-marah, kata- kata yang kau ucapkan menyebabkan luka persis seperti lubang-lubang di pagar ini."

Kau dapat menusukan pisau ke tubuh seseorang lalu mencabutnya. tak jadi masalah beberapa banyak kau berkata: maafkan aku,
tapi luka itu akan tetap ada di situ. luka yang diakibatkan lisanmu sepedih luka tusukan itu. sesungguhnya, teman adalah mutiara yang sangat berharga. mereka membuatmu tersenyum, mendorongmu agar sukses, mendengarkan keluh kesahmu, mengucapkan pujian untukmu dan selalu berlapang dada terhadapmu. kau adalah sahabatku, dan aku merasa terhormat memiliki teman sepertimu. tolong maafkan aku, bila aku pernah meninggalkan lubang di pagar hatimu.

Minggu, 01 Desember 2013

Kitab Jongko Joyo Boyo - Kitab Musarar - Asmaradana

Versi Ramalan Joyo Boyo pada prinsipnya adalah berbentuk syair lagu dalam tembang jawa. salah satunya adalah berbentuk Langgam Jawa Asmaradan. PokokRamalan adalah sebagai berikurt :
1. Kitab Musarar inganggit, Duk Sang Prabu Joyoboyo, Ing Kediri kedhatone, Ratu agagah prakosa, Tan ana kang malanga, Parang muka samya teluk, Pan sami ajrih sedaya,
2. Milane sinungan sakti, Bathara Wisnu punika, Anitis ana ing kene, Ing Sang Prabu Jayabaya, Nalikane mangkana, Pan jumeneng Ratu Agung, Abala para Narendra,
3. Wusnya mangkana winarni, Lami-lami apeputra, Jalu apekik putrane, Apanta sampun diwasa, Ingadekaken raja, Pagedongan tanahipun, Langkung arja kang nagara,
4. Maksihe bapa anenggih, Langkung suka ingkang rama, Sang Prabu Jayabayane, Duk samana cinarita, Pan arsa katamiyan, Raja Pandita saking Rum, Nama Sultan Maolana,
5. Ngali Samsujen kang nami, Sapraptane sinambrama, Kalawan pangabektine, Kalangkung sinuba suba, Rehning tamiyan raja, Lan seje jinis puniku, Wenang lamun ngurmatana.
6. Wus lenggah atata sami, Nuli wau angandika, Jeng Sultan Ngali Samsujen, “Heh Sang Prabu Jayabaya, Tatkalane ta iya, Apitutur ing sireku, Kandhane Kitab Musarar.
7. Prakara tingkahe nenggih, Kari ping telu lan para, Nuli cupet keprabone, Dene ta nuli sinelan, Liyane teka para,” Sang Prabu lajeng andeku, Wus wikan titah Bathara.
8. Lajeng angguru sayekti, Sang-a Prabu Jayabaya, Mring Sang raja panditane, Rasane Kitab Musarar, Wus tunumplak sadaya, Lan enget wewangenipun, Yen kantun nitis ping tiga.
9. Benjing pinernahken nenggih, Sang-a Prabu Jayabaya, Aneng sajroning tekene, Ing guru Sang-a Pandita, Tinilar aneng Kakbah, Imam Supingi kang nggadhuh, Kinarya nginggahken kutbah.
10. Ecis wesi Udharati, Ing tembe ana Molana, Pan cucu Rasul jatine, Alunga mring Tanah Jawa, Nggawa ecis punika, Kinarya dhuwung puniku, Dadi pundhen bekel Jawa.
11. Raja Pandita apamit, Musna saking palenggahan, Tan antara ing lamine, Pan wus jangkep ing sewulan, Kondure Sang Pandita, Kocapa wau Sang Prabu, Animbali ingkang putra.
12. Tan adangu nulya prapti, Apan ta lajeng binekta, Mring kang rama ing lampahe, Minggah dhateng ardi Padhang, Kang putra lan keng rama, Sakpraptanira ing gunung, Minggah samdyaning arga.
13. Wonten ta ajar satunggil, Anama Ajar Subrata, Pan arsa methuk lampahe, Mring Sang Prabu Jayabaya, Ratu kang namur lampah, Tur titis Bathara Wisnu, Njalma Prabu Jayabaya
14. Dadya Sang Jayabaya ji, Waspada reh samar-samar, Kinawruhan sadurunge, Lakune jagad karana, Tindake raja-raja, Saturute laku putus, Kalawan gaib sasmita.
15. Yen Islama kadi nabi, Ri Sang aji Jayabaya, Cangkrameng ardi wus suwe, Apanggih lawan ki Ajar, Ajar ing gunung Padhang, Awindon tapane guntur, Dadi barang kang cinipta.
16. Gupuh methuk ngacarahi, Wus tata dennya alenggah, Ajar angundang endhange, Siji nyunggi kang rampadan, Isine warna-warna, Sapta wara kang sesuguh, Kawolu lawan ni endang.
17. Juwadah kehe satakir, Lan bawang putih satalam, Kembang melathi saconthong, Kalawan getih sapitrah, Lawan kunir sarimpang, Lawan kajar sawit iku, Kang saconthong kembang mojar.
18. Kawolu endang sawiji, Ki Ajar pan atur sembah, “Punika sugataningong, Katura dhateng paduka,” Sang Prabu Jayabaya, Awas denira andulu, Sedhet anarik curiga.
19. Ginoco ki Ajar mati, Endhange tinuweg pejah, Dhuwung sinarungken age, Cantrike sami lumajar, Ajrih dateng sang nata, Sang Rajaputra gegetun, Mulat solahe kang rama.
20. Arsa matur putra ajrih, Lajeng kondur sekaliyan, Sapraptanira kedhaton, Pinarak lan ingkang putra, Sumiwi muriggweng ngarsa, Angandika Sang-a Prabu, Jayabaya mring kang putra.
21. Heh putraningsun ta kaki, Sira wruh solahing Ayea, lya kang mati dening ngong, Adosa mring guruningwang, Jeng Sultan Maolana, Ngali Samsujen ta iku, Duk maksih sami nom-noman.

Sabtu, 30 November 2013

Analisis Ramalan Joyo Boyo

Jangka Jayabaya yang kita kenal sekarang ini adalah gubahan dari Kitab Musarar, yang sebenarnya untuk menyebut "Kitab Asrar" Karangan Sunan Giri ke-3 tersebut. Selanjutnya para pujangga dibelakang juga menyebut nama baru itu.

Kitab Asrar itu memuat lkhtisar (ringkasan) riwayat negara Jawa, yaitu gambaran gilir bergantinya negara sejak zaman purbakala hingga jatuhnya Majapahit lalu diganti dengan Ratu Hakikat ialah sebuah kerajaan Islam pertama di Jawa yang disebut sebagai ”Giri Kedaton". Giri Kedaton ini nampaknya Merupakan zaman peralihan kekuasaan Islam pertama di Jawa yang berlangsung antara 1478-1481 M, yakni sebelum Raden Patah dinobatkan sebagai Sultan di Demak oleh para Wali pada 1481 M. Namun demikian adanya keraton Islam di Giri ini masih bersifat ”Hakikat” dan diteruskan juga sampai zaman Sunan Giri ke-3.

Sejak Sunan Giri ke-3 ini praktis kekuasaannya berakhir karena penaklukkan yang dilakukan oleh Sultan Agung dari Mataram; Sejak Raden Patah naik tahta (1481) Sunan Ratu dari Giri Kedatan ini lalu turun tahta kerajaan, diganti oleh Ratu seluruh jajatah, ialah Sultan di Demak, Raden Patah. Jadi keraton di Giri ini kira-kira berdiri antara 1478-1481 M atau lebih lama lagi, yakni sejak Sunan Giri pertama mendirikannya atau mungkin sudah sejak Maulana Malik Ibrahim yang wafat pada tahun 1419 M (882 H). Setelah kesultanan Demak jatuh pada masa Sultan Trenggono, lalu tahta kerajaan jatuh ke tangan raja yang mendapat julukan sebagai "Ratu Bobodo") ialah Sultan Pajang. Disebut demikian karena pengaruh kalangan Ki Ageng yang berorientasi setengah Budha/Hindu dan setengah Islam di bawah pengaruh kebatinan Siti Jenar, yang juga hendak di basmi pengaruhnya sejak para Wali masih hidup.

Setelah Kerajaan ini jatuh pula, lalu di ganti oleh penguasa baru yakni, Ratu Sundarowang ialah Mataram bertahta dengan gelar Prabu Hanyokro Kusumo (Sultan Agung) yang berkuasa di seluruh Jawa dan Madura. Di kelak kemudian hari (ditinjau, dari sudut alam pikiran Sri Sultan Agung dari Mataram ini) akan muncullah seorang raja bertahta di wilayah kerajaan Sundarowang ini ialah seorang raja Waliyullah yang bergelar Sang Prabu Herucakra yang berkuasa di seluruh Jawa-Madura, Patani dan Sriwijaya.

Wasiat Sultan Agung itu mengandung kalimat ramalan, bahwa kelak sesudah beliau turun dari tahta, kerajaan besar ini akan pulih kembali kewibawaannya, justru nanti dizaman jauh sesudah Sultan Agung wafat. Ini berarti raja-raja pengganti beliau dinilai (secara pandangan batin) sebagai raja-raja yang tidak bebas merdeka lagi. Bisa kita maklumi, karena pada tahun-tahun berikutnya praktis Mataram sudah menjadi negara boneka VOC yang menjadi musuh Sultan Agung (ingat perang Sultan Agung dengan VOC tahun 1628 & 1629 yang diluruk ke Jakarta/ Batavia oleh Sultan Agung).

Oleh Pujangga, Kitab Asrar digubah dan dibentuk lagi dengan pendirian dan cara yang lain, yakni dengan jalan mengambil pokok/permulaan cerita Raja Jayabaya dari Kediri. Nama mana diketahui dari Kakawin Bharatayudha, yang dikarang oleh Mpu Sedah pada tahun 1079 Saka = 1157 M atas titah Sri Jayabaya di Daha/ Kediri. Setelah mendapat pathokan/data baru, raja Jayabaya yang memang dikenal masyarakat sebagai pandai meramal, sang pujangga (Pangeran Wijil) lalu menulis kembali, dengan gubahan "JANGKA JAYABAYA" dengan ini yang dipadukan antara sumber Serat Bharatayudha dengan kitab Asrar serta gambaran pertumbuhan negara-negara dikarangnya sebelumnya dalam bentuk babad.

Lalu dari hasil, penelitiannya dicarikan Inti sarinya dan diorbitkan dalam bentuk karya-karya baru dengan harapan dapat menjadi sumber semangat perjuangan bagi generasi anak cucu di kemudian hari.

Cita-cita yang pujangga yang dilukiskan sebagai zaman keemasan itu, jelas bersumber semangat dari gambaran batin Sultan Agung. Jika kita teliti secara kronologi, sekarang ternyata menunjukan gambaran sebuah negara besar yang berdaulat penuh yang kini benama "REPUBLIK INDONESIA"!. Kedua sumber yang diperpadukan itu ternyata senantiasa mengilhami para pujangga yang hidup diabad-abad kemudian, terutama pujangga terkenal R.Ng., cucu buyut pujangga Yasadipura I pengganti Pangeran Wijil I.

Jangka Jayabaya dari Kitab Asrar ini sungguh diperhatikan benar-benar oleh para pujangga di Surakarta dalam abad 18/19 M dan sudah terang Merupakan sumber perpustakaan dan kebudayaan Jawa baru. Hal ini ternyata dengan munculnya karangan-karangan baru, Kitab Asrar/Musarar dan Jayabaya yang hanya bersifat ramalan belaka. Sehingga setelah itu tumbuh bermacam-macam versi teristimewa karangan baru Serat Jayabaya yang bersifat hakikat bercampur jangka atau ramalan, akan tetapi dengan ujaran yang dihubungkan dengan lingkungan historisnya satu sama lain sehingga merupakan tambahan riwayat buat negeri ini.

Semua itu telah berasal dari satu sumber benih, yakni Kitab Asrar karya Sunan Giri ke-3 dan Jangka Jayabaya gubahan dari kitab Asrar tadi, plus serat Mahabarata karangan Mpu Sedah & Panuluh. Dengan demikian, Jangka Jayabaya ini ditulis kembali dengan gubahan oleh Pangeran Wijil I pada tahun 1675 Jawa (1749 M) bersama dengan gubahannya yang berbentuk puisi, yakni Kitab Musarar. Dengan begitu menjadi jelaslah apa yang kita baca sekarang ini.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Ramalan_Jayabaya#Analisis

Rabu, 27 November 2013

Sejarah Prabu Joyo Boyo

Sejarah prabu Joyo Boyo berawal mula dari Kerajaan Kahuripan Kediri. Raja yang pertama memerintah adalah Prabu Airlangga. Dalam masa pemerintahan Prabu Airlangga pernah membagi negaranya menjadi 2 bagian dengan maksud suci agar terjalin kerukunan antara keturunannya. Garis perbatasan dibuat oleh kekuatan Gaib empu nagara yang sakti Empu Barada. Namun belum sampai pada generasi cucu dan buyut, baru berselang bebarapa tahun setelah raja Erlangga yang nama lengkapnya Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Darmawangsa Erlangga Anantawikramatunggadewa meninggal dunia, peperangan berkobar.
Padalah apa yang dilaksanakan oleh Empu Barada yang sakti sebenarnya agar bagian itu seadil-adilnya. Empu ini sangatlah sakti dan dikondangkan dapat menimbulkan huru-hara yang sangat mengerikan. Dikisahkan waktu itu Empu Barada terbang ke angkasa dengan membawa sebuah kendi yang berisi air suci. Ia terbang ke angkasa dari gunung kelut sampai ke laut India yang tercipta menjadi sungai. Inilah tapal batas kedua negara. Guna memperingatkan kepada kedua penguasa di beberapa daerah didirikan beberapa dinding batu agar mereka ingat bahwa itulah batas kerajaan mereka. Siapa yang berani melanggar akan terkena kutukan dewa, kutukan Empu Barada.
Kedua negara itu yang satu dinamakan Doho atau Kediri, sedang yang lainnya disebut Panjalu atau Jenggala.
Tetapi seperti tersebut diatas, setelah Prabu Erlangga bertapa di Gunung Penanggungan dan meninggal disana maka selang beberapa tahun pecahlah perang saudara antara kedua negara tersebut. Mereka sudah tidak takut lagi kepada kutuk Dewa maupun kutuk Empu Barada. Mereka tidak mempersoalkan batas kerajaan mereka, tetapi yang mereka persoalkan ingin menguasai seluruh bekas kerajaan Medang Kahoripan. Itulah persoalannya.
Agaknya akhirnya peperangan itupun menghasilkan buah bahwa negara yang besar ada satu ialah Kediri.
Diantara sekian raja yang terkenal ialah Raja JAYABAYA yang memerintah pada tahun 1135-1157 Masehi waktu itu ibukotanya di Mamenang. Di dalam tangan beliaulah kerajaan Kediri menjadi terkenal bukan saja hubungan dalam negeri tetapi juga hubungan dengan luar negeri. Agaknya Kantibmas sudah mantap dinegeri Kediri waktu itu tandanya kegiatan Pemerintah bukan hanya difokuskan kepada besarnya bala tentara tetapi masih terluang waktu untuk meningkatkan kebudayaan dan terutama kesusastraan. Bila keadaan kacau-balau tidak mungkin lahir hasil sastra yang bermutu di dalam negara tersebut.
Pada masa jabatannya Prabu Joyoboyo hiduplah Empu-empu ahli kebudayaan yang terkenal antara lain yang termasyhur adalah Empu SEDAH dan EMPU PANULUH. Kedua empu ini diperintahkan oleh rajanya supaya menyalin/menyadur kita BARATAYUDA dengan bahasa sehari-hari waktu itu (bentuk kekawin), diambil dari buku Mahabarata yang aslinya berbahasa India. Kebetulan kedua Empu tersebut dalam melukiskan kejadian-kejadian itu seolah-olah terjadi di tanah Jawa. Merupakan satu penggambaran peperangan besar perang saudara antara putra-putra Prabu Erlangga. Karya itu diberi surya sengkala SANG KUDA SUDDA CANDRAMA (tahun 1.079 Saka atau tahun 1.157 Masehi). Kemudian pada jaman Surakarta buku Baratayuda ini disalin lagi ke dalam bahasa Jawa jaman Surakarta itu berbentuk tembang oleh Pujangga Kraton Surakarta ki Yosodipuro I (kakek R. Ng. Ronggowarsito).
Sang Akuda Sudda Candrama kecuali menunjuk sengkalan tahun juga berarti: Beliau yang berkuda putih mempunyai hati yang bersih seperti bulan. Yang disebut dengan beliau ini : "tidak lain adalah Prabu Jayabaya.
Menurut Negara Kertagama, kekawin Baratayudha adalah memang suatu ungkapan sejarah yang menceriterakan perang antara Kediri dengan Jenggala. Bahkan merupakan apologie atau Kitab pembelaan Jayabaya terhadap perbuatannya yang telah membunuh Prabu HEMABUPATI yang masih terhitung saudara tuanya.
“Yekan tushtta manah bhattara (Girinata) muwuwus, haji Jayabaya haywa sangcaya, tatan krodha ketaku yak para sukasunga wara karannanta digjaya” demikian bunyi Kekawin Baratayudha pupuh 1-3 yang artinya kurang lebih:
“Maka dari sebab itu Sang Siwa sangat gembira hatinya dan bersabda :
“Wahai Raja Jayabaya, janganlah kamu takut. Saya tidak datang karena marah, melainkan datang untuk memberi anugerah supaya kamu menjadi pemenang di sepuluh langit”.
Membunuh yang masih termasuk saudara tua sendiri menjadikan Prabu Joyoboyo merasa berdosa. Lebih-lebih kalau ingat akan wasiat Aerlangga serta empu sakti Barada. Sehingga karya sastra hasil tangan Empu Sedah dan Panuluh itu juga merupakan ruatan atas perbuatan Prabu Jayabaya. Dalam kisah Baratayudha Sang Prabu Jayabaya mengidentikan dirinya dengan Sang Arjuna (yang dalam pedalangan dianggap juga sebagai titisan Wisnu yang terbelah menjadi dua. Belahan yang lain pada Sri Kresna). Sang Arjuna (Jayabaya) waktu akan menghancurkan musuh juga ragu-ragu. Sebenarnya tidak sampai hati. Hanya setelah diBENARkan oleh Kresna bahwa perbuatannya tersebut untuk menumpas keangkaramurkaan maka barulah Arjuna (Jayabaya) bertindak.
Bahkan Sang Prabu Jayabaya inipun juga mengidentikkan dirinya dengan titisan Wisnu ke 10 yaitu sebagai Kalkiwathara yang digambarkan sebagai seorang Satriya yang mengendarai kuda putih dengan pedang menyala ditangannya guna mengadili orang jahat.
Ini terlihat dari kata-kata di bawah ini: “Nahan don Mpu Sedah makirya, caka-kala ri sanga kuda cudda candrama, sang sakshat Harimurti yang ketiga nitya mekapalana kecaning musuh sang lwir lek pratipada cuklapinalakwan ahuripa wijilnireng ripu”. Yang artinya kurang lebih: “Demikianlah yang menjadi tujuan empu Sedah ketika ia berjasa dalam membuat kisah sejarah pada tahun Caka Sanga Kuda cudda Candrama. Sang Raja mempunyai wajah bagaikan Dewa Matahari pada musim kemarau serta pelana kudanya berupa rambut musuh dan memiliki wajah bagaikan bulan dikala paro putih, ia senantiasa diminta untuk menyelamatkan hidup anak dan keturunan musuhnya”.
Selain serat Baratayudha juga karya sastra lain lahir diwaktu itu ialah Serat Arjuna Wijaya, Serat Sutasoma.
Karangan yang tertulis berbentuk kekawin (syair atau tembang lama) ini seringkali dibacakan keseluruh negara, untuk didengar rakyatnya oleh seorang yang ahli syair (tukang kentrung?). Dengan khidmat rakyat kawula Kediri mendengarkannya. Juga cerita-cerita yang terjalin indah tersebut sering pula digelarkan dengan wayang beber.
Hubungan dengan luar negeri sudah sangat maju. Bahkan catatan Tionghoa memberitakan bahwa diwaktu itu ada suatu kerajaan besar di Pulau Jawa yang bernama Kediri dengan rajanya bernama Sri Jayabaya. Dikisahkan bahwa penduduk Kediri mempunyai adat rambutnya dibiarkan terurai, memakai kain sampai kebawah lutut bertempat tinggal di rumah yang cukup bagus. Lantainya terbuat dari batu ubin berwarna-warni ada yang hijau, kuning dan lain-lainnya. Sedangkan raja rambutnya tidak diurai tetapi disangul memakai pakaian terbuat dari sutera alam. Kakinya memakai terompah (sepatu) terbuat dari kulit binatang.
Juga di negara tersebut sudah ada gedung tempat pertemuan dengan para saudagar, semacam gedung niaga atau kamar dagang. Disitulah para pedagang asing bertemudengan pedagang pribumi.
Orang-orang negara tetangga datang dengan membawa barang-barangnya dan mengambil barang-barang dari hasil pribumi Kediri. Pasar-pasar ramai, lebih-lebih pasar di pelabuhan besar yakni di Canggu tempat barang-barang dan hasil bumi dari seluruh kepulauan Indonesia sebelah timur terkumpul.
Produksi kerajaan Kediri waktu itu tercatat oleh musafir Tionghoa antara lain berupa padi, kacang-kacangan, tebu, keladi pisang, pepaya, kelapa, kulit manis kayu cendana, lada dan lain-lainnya. Sedangkan hewan ternak yang dipelihara berupa ayam, itik, kambing, lembu, ikan dan penyu. Peternakan penyu yang dijaman sekarang ini agaknya kurang mendapatkan perhatian waktu itu sudah merupakan home industri.
Disamping hasil-hasil tersebut Kediri dibawah Prabu Jayabaya juga mempunyai hasil lainnya seperti: emas, perak, gading, cula badak, kapas dan sutera. Suatu hasil yang mempunyai daya jual yang kuat diwaktu itu. Agaknya home industri sutra alam dengan memelihara ulat sutera serta penanaman pohon murbei sudah berkembang diwaktu itu.
Pajak dagang juga sudah ada. Sehingga dengan ramainya perdagangan tersebut, pendapatan Pemerintah juga besar. Menurut catatan keropak Tionghoa itu besarnya itu besarnya pajak sekitar sepersepuluh dari hasil jual.
Sebagai sarana tukar sudah ada uang. Yang terdiri dari : UANG DAUN PERAK dan UANG KUNINGAN. Sayang sekali bahwa keropak tersebut tidak menyebutkan bentuk serta nilai tukarnya dari kedua mata uang tadi. Karena perdagangan maju maka terciptalah kemakmuran. Terutama bagi para bangsawannya. Menyebabkan mereka dapat menyisihkan waktu luangnya untuk kepentingan kebudayaan.
Musik yang dikenal diwaktu itu musk tetabuhan yang terdiri dair seruling, gendang dan gambang.
Tiap 5 (lima) bulan sekali penduduk mengadakan pesta dalam perahu. Dan ini diketahui langsung oleh para pedagang-pedagang asing sehingga seringkali mereka datang bertepatan dengan keramaian tersebut. Semacam daya tarik pariwisata pada jaman sekarang hanya bedannya mereka yang datang itu terdiri dari pedagang yang selain ingin melihat keramaian juga ingin mengadakan hubungan dagang

Minggu, 24 November 2013

Sejarah terungkapnya Kitab Ramalan Joyo Boyo

Dari berbagai sumber dan keterangan yang ada mengenai Ramalan Jayabaya, maka pada umumnya para sarjana sepakat bahwa sumber ramalan ini sebenarnya hanya satu, yakni Kitab Asrar (Musarar) karangan Sunan Giri Perapan (Sunan Giri ke-3) yang kumpulkannya pada tahun Saka 1540 = 1028 H = 1618 M, hanya selisih 5 tahun dengan selesainya kitab Pararaton tentang sejarah Majapahit dan Singosari yang ditulis di pulau Bali 1535 Saka atau 1613 M. Jadi penulisan sumber ini sudah sejak zamannya Sultan Agung dari Mataram bertahta (1613-1645 M).

Kitab Jangka Jayabaya pertama dan dipandang asli, adalah dari buah karya Pangeran Wijil I dari Kadilangu (sebutannya Pangeran Kadilangu II) yang dikarangnya pada tahun 1666-1668 Jawa = 1741-1743 M. Sang Pujangga ini memang seorang pangeran yang bebas. Mempunyai hak merdeka, yang artinya punya kekuasaan wilayah "Perdikan" yang berkedudukan di Kadilangu, dekat Demak. Memang beliau keturunan Sunan Kalijaga, sehingga logis bila beliau dapat mengetahui sejarah leluhurnya dari dekat, terutama tentang riwayat masuknya Sang Brawijaya terakhir (ke-5) mengikuti agama baru, Islam, sebagai pertemuan segitiga antara Sunan Kalijaga, Brawijaya ke-V dan Penasehat Sang Baginda benama Sabda Palon dan Nayagenggong.

Disamping itu beliau menjabat sebagai Kepala Jawatan Pujangga Keraton Kartasura tatkala zamannya Sri Paku Buwana II (1727-1749). Hasil karya sang Pangeran ini berupa buku-buku misalnya, Babad Pajajaran, Babad Majapahit, Babad Demak, Babad Pajang, Babad Mataram, Raja Kapa-kapa, Sejarah Empu, dll. Tatkala Sri Paku Buwana I naik tahta (1704-1719) yang penobatannya di Semarang, Gubernur Jenderalnya benama van Outhoorn yang memerintah pada tahun 1691-1704. Kemudian diganti G.G van Hoorn (1705-1706), Pangerannya Sang Pujangga yang pada waktu masih muda. Didatangkan pula di Semarang sebagai Penghulu yang memberi Restu untuk kejayaan Keraton pada tahun 1629 Jawa = 1705 M, yang disaksikan GG. Van Hoorn.

Ketika keraton Kartasura akan dipindahkan ke desa Sala, sang Pujangga diminta pandapatnya oleh Sri Paku Buwana II. Ia kemudian diserahi tugas dan kewajiban sebagai peneliti untuk menyelidiki keadaan tanah di desa Sala, yang terpilih untuk mendirikan keraton yang akan didirikan tahun 1669 Jawa (1744 M).

Sang Pujangga wafat pada hari Senin Pon, 7 Maulud Tahun Be Jam'iah 1672 Jawa 1747 M, yang pada zamannya Sri Paku Buwono 11 di Surakarta. Kedudukannya sebagai Pangeran Merdeka diganti oleh puteranya sendiri yakni Pangeran Soemekar, lalu berganti nama Pangeran Wijil II di Kadilangu (Pangeran Kadilangu III), sedangkan kedudukannya sebagai pujangga keraton Surakarta diganti oleh Ngabehi Yasadipura I, pada hari Kemis Legi,10 Maulud Tahun Be 1672 Jawa = 1747 M

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Ramalan_Jayabaya#Asal-usul